Eggdrop merupakan supported IRC Bot yang terbaik (menurutku), paling populer, dan paling advanced, sedangkan IRC Bot sendiri kebanyakan adalah berfungsi untuk membantu management channel IRC.Banyak macamnya sesuai fungsinya seperti Bot proteksi, Bot Game, Bot Zodiak, Bot News, Bot Cuaca, Bot Log Channel, dan sebagainya (beberapa company irc hosting di Indonesia menyediakan untuk disewa bagi yang ga mau ribet membuatnya).
Tapi bagi yang menginginkan Bot Proteksi sebetulnya disarankan buat meng-create sendiri karena bagaimana settingnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan channel masing-masing yang jelas berbeda. Bagi pemula, sebelum membuat eggdrop atau IRC Bot perlu tau dong apa aja yang dibutuhkan. Seperti membuat kue, membuat kerajinan, dan lainnya eggdrop atau IRC Bot juga butuh sesuatu sebagai dasar adonannya
Yang dibutuhkan adalah SHELL, sebaiknya gunakan SHELL legal bisa dibeli di beberapa company irc hosting Indonesia yang melayani (cari di google aja yah :) )? setelah itu siapkan config, trus persiapkan TCL apa yang diinginkan. Misalnya ingin membuat Bot Game ya siapkan TCL Game, dan seterusnya. Nah setelah punya SHELL (yang legal, nyolong dosa tauuu !!!), siapkan putty (bisa download ke alamat..klik aja tuh kata putty nya). Gunakan Secure SHell protocol atau lebih sering disingkat SSH untuk login ke SHELL.
Selanjutnya download eggdrop1.6.19.tar.gz dari eggheads ftp trus telnet dan FTP ke SHELL. Lamgkah berikutnya adalah:

Upload eggdrop1.6.19.tar.gz via FTP, ketik tar -zxvf eggdrop1.6.19.tar.qz untuk extract filenya.
Kalau udah terextract masuk ke direktorinya dengan mengetik cd eggdrop ketik ./configure

Ketik make config (untuk compile semua modul) atau make iconfig (compile hanya modul yang dipilih)

Ketik make trus ketik lagi make install DEST=/home/name/botdir

Trusss edit config bot sesuai keterangan yg ada dalam filenya.

Cari file dengan nama eggdrop.conf, kemudian edit untuk edit bisa gunakan perintah for example, pico/nano/vi eggdrop.conf (pilih salah satu).

Kalo udah mengedit simpan file eggdrop tadi kemudian jalankan bot dengan perintah:

/eggdrop -m eggdrop.conf (nama config file)

Selanjutnya tinggal masukkan or nambahin TCL deh..

Untuk lengkapnya mengenai tutorial ini bisa dibaca di egghelp (udah lengkap banget bahkan ada TCL juga disitu). Cuma ya� kebanyakan pada males baca kesitu.. in english sih, tipe-tipe orang Indonesia kebanyakan udah males kalo liat tutorialnya in english (he he he).

Sumber: http://kill-nines.blogspot.com